Wednesday, July 27, 2016

Cara Herdian Menghack Server Bukalapak,Tokopedia dan Sribu.com

Hay sahabat Vipinformasi senang rasanya dapat bertemu lagi, Sudah beberapa hari Vipinformasi libur Update Artikel karena padatnya kegiatan sekolah. Oke sahabat Vipinformasi pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bobol-membobol, hack-menghack, curi-mencuri. Apalagi kalau tidak untuk membahas penjahat di dunia maya. Iya apa lagi kalau bukan "HACKER".


Hacker atau Peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan .

Kali ini kebetulan yang menjadi materi adalah Hacker asal Indonesia yakni mas Herdian Nugraha, Mas Herdian Nugraha merupakan seorang praktisi keamanan komputer yang sangat genius. Herdian Nugrahaha merupakan seseorang yang menemukan celah keamanan dalam situs-situs belanja online, Tokopedia, Bukalapak, dan situs pesan desain online, Sribu.com.

Herdian mengaku bisa membobol situs-situs milik startup Indonesia tersebut dan kemudian menginformasikannya ke pihak terkait.

Berikut adalah sebuah pernyataan dari mas Herdian pada Rabu, 20 juli 2016 "Saya sedang mencari-cari barang di Bukalapak. Lalu melihat fitur upload foto profil, nah di situ saya mulai iseng untuk mencoba-coba apakah di fitur tersebut ada celah. Ternyata ada,"

Dalam situs blog pribadinya, Herdian membeberkan metode pembobolannya. Ia mengakses server ketiga situs dengan memanfaatkan celah keamanan bernama ImageTragick.

Celah keamanan ImageTragick, kemudian ia memanfaatkan kelemahan ImageMagick, piranti lunak yang biasa digunakan oleh layanan web untuk memproses foto atau gambar. Bug tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan Nikolay Ermishkin pada Mei 2016 lalu.

Artikel Terkait

Cara Herdian Menghack Server Bukalapak,Tokopedia dan Sribu.com
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email