Saturday, May 21, 2016

Wow!! Komputer ini tercepat dan teranggih di Dunia 2016~komputer ini memiliki spek tingkat dewa!!




VIPINFO
Di zaman seperti saat ini kumputer menjadi alat untuk membantu pekerjaan bagi setiap orang.
Baik itu Di perkantoran ataupun di Sekolahan, Dan komputer saat ini semakin hari semakin berkembang Pesat!

Hari ini Vipinfo akan membahas tentang komputer rakitan dangan aksen cepat, Apa itu komputer rakitan dengan akses cepat?

Saat ini Dunia berbasis data menuntut performa komputer handal. Mulai dari grafis, media penyimpanan dan prosesor. Untuk memproses data editing film saja kita butuh RAM bergiga-giga. Bayangkan untuk analisa engineering? analisa trading saham? Analisa molekular sains? Maka dari itu berbagai negara berlomba-lomba mengembangkan komputer dengan kemampuan yang hebat. Komputer ini harus dirakit dengan spesifikasi khusus.

Komputer rakitan yang memiliki level kecepatan supercepat ini sering disebut superkomputer. Superkomputer adalah sebuah komputer canggih yang memiliki kapasitas pengolahan data yang sangat besar dan kecepatan perhitungan yang sangat cepat yang melebihi 100 komputer yang ada saat ini. Super komputer diperkenalkan pada tahun 1960. Komputer ini dibuat oleh oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC).

Pada tahun 1700 komputer ini menjadi yang tercepat dan akurasinya tinggi. Super komputer dapat melakukan analisa yang sangat rumit yang apabila dilakukan komputer biasa membutuhkan waktu 2 minggu, dengan super komputer hanya 2 jam saja. Misal simulasi perhitungan pergerakan atom paladium dalam coloid emas. Komputasi fisika, komputasi kimia, komputasi engineering, komputasi biomolekular, komputasi pertahanan negara, sampai komputasi kuantum semua memerlukan superkomputer. Super komputer dibutuhkan untuk menunjang analisa data super rumit.

Dan ini adalah komputer-komputer tercepat di Dunia:

1. Superkomputer  Juqueen (Julich Supercomputing Center, Jerman)



Jaqueen adalah salah satu komputer super yang dikembangkan di Julich Supercomputing Center, Jerman. Jaqueen ini dibuat untuk menunjang riset sains dan teknologi jerman. Sistem yang bekerja pada superkomputer ini adalah JUQUEEN – BlueGene/Q, Power BQC 16C 1.600GHz, Custom Interconnect, IBM. Jaqueen menggunakan 458.752 inti (core), dengan kecepatan akses 5.872.0 petaflop/s

2. Superkomputer Shaheen II (King Abdullah University of Science and Technology, Saudi Arabia)




Diam-dian Saudi Arabia punya komputer super yaitu Shaheen adalah super komputer yang dikembangkan King Abdullah University of Science and Technology, Saudi Arabia. Shabeen ini dibuat untuk menunjang riset sains negara arab saudi. Sistem yang bekerja pada superkomputer ini adalah Shaheen II – Cray XC40, Xeon E5-2698v3 16C 2.3GHz, Aries interconnect, Cray Inc.. Shaheen menggunakan 196.600 inti (core), dengan kecepatan akses 7.235 petaflop/s

3. Superkomputer Mira (Department of Energy milik Argonne National Laboratory, AS)


Mira juga merupakan super komputer salah satu produk IBM. Masih merupakan versi dari super komputer Blue Gene. Super computer ini memiliki kecepatan tercepat daripada merek-merek sebelumnya.
Super Komputer berada di National Labroratory di Illinois, Amerika Serikat, yang digunakan untuk melakukan bermacam keperluan. Kecepatannya perdetiknya bisa mencapai sekitar 8 petaflop.

4. Superkomputer K Computer (RIKEN Advanced Institute for Computational Science,Jepang)



K Komputer adalah super komputer yang dikembangkan RIKEN Advanced Institute for Computational Science, Jepang. K Komputer ini dibuat untuk menunjang riset sains. Jenis sistem yang bekerja pada superkomputer ini adalah K computer, SPARC64 VIIIfx 2.0GHz, Tofu interconnect, Fujitsu. K Komputer menggunakan 705.024 inti (core), dengan kecepatan akses 11.280 petaflop/s

5. Jaguar



Jaguar adalah nama super komputer yang di buat oleh Cray di perusahaan super computer, di laboratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat.
Kecepatan: Jaguar memiliki kecepatan sebesar 1,75 petaflops/s. Jaguar pernah menjadi super komputer tercepat di dunia pada Nopember 2009 hingga Juni 2010.


Processor:Jaguar bersistem operasi Cray Linux Environment dengan prosesor x86-based AMD Opteron yang berjumlah 224.256 unit dan memori sebesar 8 GB. Sedangkan besaran keseluruhan memori yang digunakan mencapai 360 TB. Sementara itu besaran penyimpanannya bisa mencapai 10 petabytes.


Kunjungi Juga ini:

Ocan-android.blogspot.com

Artikel Terkait

Wow!! Komputer ini tercepat dan teranggih di Dunia 2016~komputer ini memiliki spek tingkat dewa!!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email