Wednesday, September 28, 2016

Mengapa SMK identik dengan kegiatan PRAMUKA


PRAMUKA, mengapa sih anak SMK identik dengan kegiatan pramuka ? hay sob, pada kesempatan kali ini vip akan membahas tentang pramuka dan apasih manfaat pramuka khususnya buat anak smk. oke sob langsung aja cekidot !


Pramuka adalah sebuah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Dari pengertian tadi pasti udah ada gambaran lah ya sob kenapa pendidik smk mencanangkan kegiatan ini, nah dan untuk memperjelas berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan pramuka identik dengan anak smk.

1. Pramuka memberikan pelajaran untuk menjadi seorang yang disiplin

Hah mengajarkan untuk menjadi seorang yang disiplin, ia sob bener pramuka mengajarkan kita untuk menjadi seorang yang disiplin, buktinya apa? nah good question tuh ini jawabanya terbukti dengan pengadaan PBB nah itu simpelnya aja sob dalam PBB itu melatih kedisiplinan karena kita dituntut untuk dapat mengikuti setiap arahan pembina pramuka.

2. Pramuka melatih kekompakan individu dengan kelompok

nah apa lagi masak iya kayaknya anak pramuka itu ego nya tinggi loh. gk juga sob gk semua anak pramuka itu egonya tinggi, nah simak ya sob jadi gini melatih kekompakan disini kan udah mencolok banget tuh ya kalok anak pramuka saat latihan aja barisnya bergerombol terus rapih dan sering terjadi interaksi dan udah pastinya sering kelompokan dan kompak.

3. Pramuka mengajak kita untuk meningkatkan rasa nasionalisme


nasionalisme berarti rasa cinta tanah air, dalam pramuka ini contohnya yakni adanya camping, kemah dan disela-sela kegiatan itu pasti adanya pesan moral yang diambil misalnya rasa untuk mencintai negeri ini.

4. Pengalaman yang tak terlupakan masa-masa sekolah


anak pramuka sudah pasti banyak kawan sob, terusan anak pramuka pasti pengalamannya banyak apalagi anak smk jika dia ikut pramuka pasti akan jadi pengalaman yang gk akan terlupakan dimasa ia sekolah karena anak smk itu setelah lulus kebanyakan langsung menuju bidang pekerjaan ataupun ikatan dinas pastinya gk bakalan ada kegiatan pramuka lagi beda sama anak sma anak sma.

mungkin hanya itu aja sob yang dapat kami sampaikan maaf ya sob sekiranya kurang masuk akal soalnya penulis sendiri tidak punya pengalaman dalam pramuka dan penulis menulis ini bertujuan agar teman2 penulis dan sobat yang membaca bisa ikut pramuka soalnya pramuka itu penting sob, dan jika ada tambahan kami persilahkan sob soalnya kami mengharapkan kritikan dari sobat semuanya. 

Artikel Terkait

Mengapa SMK identik dengan kegiatan PRAMUKA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email